Categories. Powered by Blogger.
RSS

My 'Pelit' Boss

Gw paling seneng nulis tentang kerjaan di tempat yang tepat ... a.k.a. di kantor... jadi inspirasi gw buat jelek-jelekin kerjaan makin lancar.

Ini kejadiannya pas pertengahan September sih, tapi gw lupa mulu mo tulis.

Jadi ceritanya tuh customer gw mo ngadain outing ke Anyer 25 - 26 Sept 2010, dan mereka nyari sponsorship buat hadiah door prize. Elu pasti bisa tebak donk sapa salah satunya yang kebagian apes.. kantor gw!!!! Yes!!! Tak lain dan tak bukan adalah kantor gw yang super duper amit-amit pelitnya!!!!

Barang paling mahal yang pernah disumbangin tuh cuma kompor gas Rinnai.. gubrakkkk. Ga peduli brapa gede orderan customer sebulan, yang penting nyumbang semurah-murahnya. Alesannya slalu ga jauh-jauh, "Brapa sih profit kita, tar kita rugi" .. Padahal shipment terkecil aja, profit tuh minimal USD. 50.00 tanpa custom... profit custom diitung dalam rupiah, minimal Rp. 250.000,-

Singkat kata, customer gw minta TV LCD 42".. Alamakkkk!! Gw ampe shock mikirin gimana musti request ke bos. Yang ada dalam bayangan gw kaya gini neh:

Gw: "Bu, customer saya minta sumbangan sponsorship..." (diem bentar)
Bos: "Minta apa tu?" (sok cool)
Gw: "Tv flatron 42" maunya" (nunggu reaksi si bos)
 
1 detik.... 2 detik.... 3 detik.... 4 detik.... 5 detik.... 6... 7... 8... 9... 10...


Bos: "HAHHHH!!!!!! Apaaaa???" (akhirnya dia sadar juga)
Gw: "........" (pasrah)
Bos: "Ga bisa!!!! Dipikir kita ini apaan?" (mank apaan elu maunya??)
Gw: "......." (tetep diem)
Bos: "Ga bisa!!!! Pokoknya ga bisa!!!! Kita ga ada duit." (ga ada duit receh maksud lu?)
Gw: "Tapi ni customer uda setia ama kita hampir 2 taon." (ngeyel dikit donk, kan ini customer gw bo')
Bos: "Ga bisa!!!! Tar apa kata badan manajemen." (mank ada gitu manajemen di tempat kita?)
Gw: "......." (pasang muka setebel tembok)
Bos: "Gini deh... gini aja... kamu negoin ama customermu, jangan minta mahal-mahal, kita ga ada duit." (nah!!! as expected!!)

Untungnya semua di atas ga perlu terjadi, karna gw buru-buru ngomong duluan ke customer.

Gw: "Pak, jangan tipi lah Pak... gila aja, bos saya bisa jatoh dari kursi kaliii."
Cust: "Emmmm... gitu yaa.... Ya uda, AC aja gimana?"
Gw: "Kulkas 1 pintu aja mau ga?" (kan lebi murah getooo)
Cust: "Waduh... AC aja deh 1 PK" (mampus gw)
Gw: "Duile.. gede bener Pak? 1/2 PK aja ya?"
Cust: "1 lah" (uda kaya tawar-tawaran di pasar)
Gw: "1/2 aja belon tentu di-approve.. apalagi 1."
Cust: "1 lah." (belagak budek)
Gw: "Astaga Bapaakkkk.. saya entar yang repot ajuinnya.. sumpah."
Cust: "3/4 deeehh." (nurunin standar)

Ga usah heran yeee.. customer gw ini emank paling kemaruk dibanding yang laennya. Uda refund-nya gede... tiap bulan minta ditraktir, masi bungkus pula buat orang rumah @__@ ...suka maksa gw supaya bayarin ngafe... klo mo mudik ke Medan, gw disuru bayarin tiket pesawatnya... can you imagine???

Akhirnya gw rundingan ama manager, gw suru dia ngajuin ke bos buat minta dana sponsorship. Belum sempet dia ngajuin, eh gw dapet kabar buruk.

Mgr: "Eh kmaren customermu itu ada telpon aku sih."
Gw: "He-eh.. minta AC 3/4 PK kan?"
Mgr: "Aku iya-in aja."
Gw: "Hah?? Kan blon ngomong ama bos??"
Mgr: "Gpp lah... tar kita sisihin dari shipment aja dananya."
Gw: "Klo ga keburu gimana? Kan kurang 3 minggu doank waktunya."
Mgr: "Keburu lah.. nyante aja."

Tau ga gimana caranya nyisihin dana? Ambil dari profit? Jelas kaga mungkin!! Si bos bisa mencak-mencak. Jadi terpaksa kita tipu customernya, bilang klo shipmentnya bermasalah di cukai blah blah blah... dan kena biaya tambahan. Gw sih bodo amat ya, karna customer gw ngocehnya ke manager operational itu... dan manager gw bersikeras emank bermasalah, ga bisa turunin harga. Apa bole buat lah.. daripada ga ada dana buat nyumbang.

Setelah kita bersusah-payah 2 mingguan ngibulin customer demi kasi AC... ternyata tetep aja ga cukup. Duitnya cuma ada IDR. 1.850.000,- ... Buat beli yang 1/2 PK aja kaga cukup @__@

Oya.. buat tau the exact amount of dana di atas tu juga pke perjuangan lhooo. Lu pikir gw dapetin gitu aja yahh dari accounting???

..............tekan ext. 107.... kring - kring - kring...........


Actg: "Ya?"
Gw: "Tolong cek donk brapa jumlah dana penyisihan gw buat sponsorship."
Actg: "Oh bentar ya, tar 10 menitan gw telp lu."

.............10 minutes later...............

Actg: "Lu mo beli kulkas 1 pintu kan? Cukup lah."
Gw: "Maksud lu?"
Actg: "Iya, kulkas 1 pintu yang sedengkul itu kan... cukup kok dananya." (what the hell)
Gw: "Gw mo tau jumlahnya brapa."
Actg: "Ya itu... pokoknya cukup buat kulkas." (pengen gw gampar)
Gw: "Lu kasi tau gw jumlahnya donk!"
Actg: "Pokoknya cukup buat kulkas mah." (lu ga ada kata-kata mutiara laen tah??)
Gw: "Gini ya gw perjelas, klo ampe gw kelebihan belinya, sisanya gw charge ke elu!" (uda meledak)
Actg: "Lho?" (lho kepala lu!!)
Gw: "Cape gw dari tadi nanya pertanyaan yang sama. Lu ga mo kasi jumlah exactnya gpp, jangan salahin gw klo entar kemahalan ye. Lu yang tanggung dari isi kocek lu. Gw kaga mo tau."

..................silence............. *scary background music*
Actg: "Emmm... gini, sebenernya gw ga bole bilang ke elu ama manager gw, dia takut elu habisin dananya." (what the fuck!)
Gw: "Lu tau ga sih itu dana darimana? Sedikitpun ga motong profit! Gw ambil murni dari cust gw! Sini gw mo ngomong ama manager lu."
Actg: "Eh jangan.. sabar.. sabar.. tar gw aja yang bilang.. dananya ada IDR. 1.850.000,-"

Kesel ga sihhhhhh!!!!!!! Uda pengen gw masak tu orang jadi sop. Mank pantes tah sebagai manager omongannya kaya gitu ke anak buah? Parah!!

Waktu uda siap-siap mo pegi, bos manggil dari intercom.

Bos: "Grace, kamu mo pegi cari barang buat customer?"
Gw: "Iya Bu, di Electronic City deket Bursa Efek Jakarta (BEJ)."
Bos: "Mo beli apa?"
Gw: "Blon tau Bu, mo liat-liat dulu cukupnya beli barang apa."
Bos: "Mank customer mintanya apa jadinya?"
Gw: "AC Bu."
Bos: "Hahhhh???? AC?????" (matanya uda mo lompat keluar)

Gw: "Ya gitu Bu." ('auk ah gelep)
Bos: "Eh grace... emmmm... "
Gw: "......?????......."
Bos: "Kira-kira mau ga ya dikasi toaster Rinnai, tuh kita ada sisa sumbangan dari forwarder lain, daripada ga kepake." (buset... trus duit sponsorshipnya buat elu gitu??)
Gw: "Hah???? Ga ah Bu, saya malu kasinya, tar dipikirnya kita ga mutu banget kasi gituan." (bodo.. egp)
Bos: "Oh... ya uda klo kamu mo cari yang laen gpp." (ama senyumnya dipaksakan bangettttt)

Sampe di Electronic City, kolega yang nemeni gw kasi saran beli microwave Electrolux. Well, sebenernya itu microwave multifungsi sih.. bisa dibuat manggang juga. Harganya lebi mahal dari microwave biasa, IDR. 1.750.000,-. Gw mank sengaja mo habisin dananya.. Huh!!!

Abis lunch, kita jalan lagi ke Cikarang, tempat customer gw. Begitu sampe langsung diturunin barangnya, sementara gw duduk manis nunggu si customer nongol.
Ga brapa lama, dia dateng ama lari-lari dan mukanya panik banget.

Cust: "Grace, kamu bawa apa itu? Kok bukan AC?"
Gw: "Itu microwave, Pak."
Cust: "Aduh.. saya uda telanjur bilang ama orang sekantor, kamu kasi AC. Bawa balik gih, tuker AC, saya ga terima microwave."
Gw: "Lah... gimana donk.. Bapak ngomong sendiri deh ama bos saya."
Cust: "Iya, gpp.. bentar ya, saya mo ke atas dulu ambil dokumen buat di-custom, sekalian kamu bawa."

Samar-samar kedengeran suara orang lagi bicarain kantor gw.

"Ih gimana sih katanya mo kasi AC kok ga jadi."
"Iya, cuma microwave tuh ternyata."
"Tega bener."
"Mana orangnya uda pulang ya?"

Nah tiba-tiba muncul Om buncit plus botak berkacamata, trus nuding-nuding kita berdua.
"Nih!! Masi di sini nih orangnya!!"

GRRRRR!!!!!! Lu pikir gw ini apaan, enak aja maen tuding sembarangan. Sempet gw liat, kolega gw uda megang buku agenda mo dilemparin ke si Om. Gw juga uda hampir nyolot. Eh tapi dianya cepet-cepet pegi. Kita bdua uda tersinggung berat mo panggil tu orang, tapi customer gw uda keburu muncul dan menenangkan kita. Belakangan baru tau klo itu anak ownernya. Huhhh!!!

Gw uda bete beratttt karna dituding-tuding. Apalagi customer gw bilang dia barusan nelpon bos, dan si bos online. Dia titip pesen ke operator, supaya si bos hubungi gw karna penting.

Gw: "Ya ampun Pak, gimana sih sampe suru bos telpon saya." (tampang gw uda jelek banget x)

Ga brapa lama, si bos beneran telpon ke hp.

Bos: "Knapa Grace? Kamu ada masalah di jalan?" (suaranya agak panik)
Gw: "Ga Bu, ini customer saya mo ngomong."
Bos: "Oh.. ya uda... mana..." (ama ketawa-ketawa)

Berikutnya kira-kira begini percakapan antara si pelit dan si kemaruk.

Cust: "Bu, ini saya kan minta AC... kok yang dateng malah micro. Saya maunya AC ya, dah telanjur juga bilang ama orang sekantor."
Bos: "Oh oke Pak.. AC kan... Iya gpp."

Pas telponnya dioper ke gw, bos mala belagak bingung.

Bos: "Lho Grace.. kamu bukannya tadi mo cari AC?"
Gw: "Lho Bu.. kata Ibu kemahalan?? Lagian budget-nya ga ada."

Si bos kayanya pusing berat. Rasain lu. Mana dia uda telanjur iyain customer gw pula. Trus dia ngomong suru beli aja merk Changhong yang murah, dan entar telpon dia kurang brapa dananya.

Balik lagi dah gw ke Electronic City demi AC sialan itu. Dan ternyata ga ada merk Changhong. Adanya paling murah tu LG. Gw kabarin si bos, dan dia lagi-lagi shock berat karna selisihnya 1 juta dari harga microwave. Masi nawar gimana beli yang 1/2 PK aja...

Gw: "Orangnya mau yang 3/4 Bu."
Bos: "Apa ga bisa coba dinego supaya dia mau 1/2?"
Gw: "Saya sih ga mau lagi ya Bu, dituding-tuding ama bosnya kaya tadi. Saya dah kapok."
Bos: "Yang bener? Masa bos kaya gitu sih. Gimana sih jadi bos kok sikapnya begitu." (ngaca kek lu sendiri kaya mana)

Alhasil kebeli juga AC LG 3/4 PK.
 
Kelar kan? Blon donk!!!! Bukan bos gw mah klo diem aja.. kan nomboknya sejuta bo'.

Bos: "Grace, ini kan duitnya kurang sejuta. Kamu sisihin aja lagi."
Gw: "Maksudnya naekin harga lagi?"
Bos: "Iyap!! Bener!!" (bener-bener gile lu ye)
Gw: "Bu... orangnya tu tau lho kita naekin harga buat beli AC dia, taro mana muka saya." (gw taro dengkul juga dia mana peduli seh)
Bos: "Tapi dia mau kan?" (hellooooooooooo??)
Gw: "Ya ga mau lah Buuuuuu." (sumpe gw dah pengen teriaaaakkk)
Bos: "Oh ya uda motong profit kita aja dikit-dikit per shipment, dikumpulin sampe jadi sejuta."

Kelar???? Blonnnnn!!!!!!! Asal tau aja, bos gw ini ga konsisten orangnya.

Tiap shipment, dokumen dan copy invoice dikumpulin di map. Jadi 1 shipment = 1 map. Nah tugas gw bikin sales memo dan dijepret di map. Klo ada refund, ya ditulis di sana juga... termasuk penyisihan dana sponsorship. Gw ambil IDR. 100.000,- /shipment.... jadi total 10 shipment kan uda lunas, gw ga ada tanggungan.

Eeehhh map gw ga di-approve.. alias dibalikin lagi semuanya. Kata bos, dia rugi klo gw ambil cepek.

Rugi darimana sih??? Total laba bersih per shipment kan masih lebih dari gopek @_@

Gw uda males berurusan.. so manager operational yang turun tangan dan jelasin ke bos (=.=")

Apa bos gw kapok? Gw berani taruhan.. ga bakal dia kapok!!
Cuma gw geli aja, kali ini dia mo untung malah buntung... hihihi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

Stefanus said...

panjang bener ceritanya...... tapi lumayan seru sih hihi. ntar gw fwd ah addressnya blog ini ke si boss :P

Gracia said...

Tega.. hiks.. hiks..
*block kakek dari blog gw*

arief.koeswanto said...

mantep sekali perjuangan loe
dah boss loe dilempar granat aja
biar meledak sekalian
atau kursi nya dikasih permen karet

Anonymous said...

gw diceritain ampe no komen d..
gara2 bos lu pelit lu ampe dituding2 ma bos client..=.='
itung2 collateral damage la..wkwkw di samping bos lu yang kena batunya..

Post a Comment