Categories. Powered by Blogger.
RSS

Garang Asem Ayam

Ini termasuk salah satu makanan khas dari daerah asal gw, Kudus. Ayamnya pke ayam kampung, bukan ayam pedaging.

Seinget gw, sampe setaon lalu tuh cuma ada 1 resto yang jualan garang asem. Tapi waktu Sept 2010 pulang lagi, kok udah ada 3 resto ya, dan letaknya juga agak berdekatan. Yang paling enak sih tetep yang pertama, buat yang mo mampir klo pas liwat kota gw, namanya Sari Rasa, jl. Agil Kusumadya No. 20. Klo dari jurusan Semarang, letaknya di sebelah kiri jalan. Cari aja resto yang paling rame parkiran mobilnya.

Konon makanan ini asalnya dari Purwodadi, Jawa Tengah. Rasanya seger, pedes, kuahnya tanpa santan. Btw, foto gw kliatannya mungkin ga menarik... maklum gw bukan fotografer =P ..tapi sebetulnya garang asem tu enaakkkkk kokkk. Temen-temen gw dari luar kota ato bahkan luar pulau pada kangen loh pengen makan lagi. Sekali-kali gw promosi ga apa-apa kan.. ~* ya gpp lah ya, orang blog gw ini, sapa yang mo larang wkwkwk*

Nama garang asem ni sebenernya tercipta karna cara masak dan rasanya. Dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus /digarang /dipanaskan... bahasa Jawa niy. Lauknya bisa apa aja, misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur ato tahu. Rasanya agak asem karna dicampuri irisan tomat hijau... bukan tomat merah yak.

Di Jakarta Timur deket Rawamangun ada yang jual juga, tapi gw cobain ga enak ah, rasanya beda, uda ga otentik lagi. Gw demen makan yang di Kudus karna daun pisangnya ga dilapisi plastik, jadi lebih sehat dan rasanya ga ada bebauan plastik. Berdasarkan info dari pemilik Sari Rasa, setiap harinya dia menghabiskan 1,5 ton cabe rawit dan 250 ekor ayam. Itu aja masi banyak pengunjung yang ga kebagian garang asem ini. Gw aja suka buru-buru ke sini supaya tetep kebagian kursi, dan tentu aja kebagian garang asemnya.

Setau gw, bumbu garang asem tu bawang putih, bawang merah dan kemiri. Semuanya ditumbuk halus. Tambahkan lengkuas, garam dan gula secukupnya. Gilingan bumbunya dicampur ama air yang udah dituang di kuali. Trus irisan tomat hijau dan cabe rawit dicampurin di sana.

Ayamnya ditaruh di daun pisang, lalu disiram pke air bumbu tadi. Daun pisangnya ditutup dan direkatkan, dikukus selama 1,5 jam. Emank kayanya gampang, tapi gw nyoba bikin ga bisa seenak itu rasanya. Hiks... hiks.... ~*sedih*

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment