Categories. Powered by Blogger.
RSS

Soto Kerbau

Waktu penyebaran agama Islam di Kudus, sudah ada pengaruh agama Hindu yang kuat. Jadi buat jaga keseimbangan umat beragama, Sunan Kudus melarang umatnya nyembelih sapi, dan sebagai alternatifnya diganti dengan kerbau. Semua daging sapi yang dijual di Kudus tuh disembelihnya di luar kota, ribet amat ya. Makanya banyak banget makanan pake daging kebo di Kudus, dan rasanya malah lebih gurih daripada sapi, cuma pengaruh di warna kuahnya aja yang jadi agak kecoklatan.



Gw bisa ngerti sih kalo ada yang jijik ama daging kebo, padahal sebenernya ya namanya daging mah sama aja lah. Klo gw uda terbiasa makan jadi uda ga brasa apa-apa. Malah klo di Jakarta gw suka kangen nyari, tapi ga ada yang jual. Di Vietnam yang orangnya omnivora banget, daging kebo ni dianggep beracun, jadi warga sana jangan harap mau makan daging kebo. Look at me! Gw fine-fine aja kok makan kebo-kebo itu wkwkwk. Hidup kebo! ~*gw ngantuk jadi sori ye klo mulai ngelantur*

Bedanya ama sapi yang berserat lembut dan kemerahan warnanya, kebo ini seratnya agak kasar dan berwarna kehitaman. Tapi ga tau knapa, penjual soto ayam pun mengakui klo daging kebo lebi gampang empuk pas dimasak. Kebonya kurang fitness kali ya @_@

Seperti Soto Kudus, disajikannya juga di mangkok kecil... eeehh tapi ada juga dink yang pke mangkok ukuran normal, tergantung belinya di mana. Isinya nasi, daging kebo, disirem pke kuah... ditaburi taoge, bawang putih dan seledri.. kadang ada yang pke kubis dan mie putih/bihun. Harganya tetep aja murah meriah, Rp. 4.000 - 5.000 /porsi. Pelengkapnya juga macem-macem, ada perkedel, krupuk rambak (dari kulit kebo), krupuk udang dan jeroan.


So far, orang dari luar kota pada pergi ke soto kebo Pak Denuh dan Karso Karsi. Dulu sih emank sotonya terkenal enak, tapi sekarang kualitas menurun. Gw selalu perginya ke Soponyono, paling enak di Kudus, bukanya cuma pagi doank.


Okay, I am off to bed now. Ciao!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment