Categories. Powered by Blogger.
RSS

Lentog Kudus

Again!! Ini makanan kota gw lhoooo!!!! Hihihihi. Recently gw rada homesick, mo pulang ga mungkin karna harus ngantor... jadi ya sutra lah, gw review aja semua makanan khas Kudus.. snifff.... hiks... hiks... srooottt.. ~*lebay*

Lentog ini ga terlalu kedengeran namanya, karna ga smua orang doyan. Temen gw dari luar kota kebanyakan ga doyan sih (=.=). Orang Kudus makan lentog untuk sarapan, jadi di atas jem 12:00, jangan coba-coba nyari bakul lentog karna ga bakal ketemu deh. Di Jakarta juga ada yang jual, daerah Bintaro sektor 1, deket Hero supermarket.

Lentog Kudus terdiri dari lontong yang diiris tipis, diberi lauk sayur nangka muda (seperti gudeg), tahu tempe (tapi perbandingan jumlah tahu lebih besar), diguyur kuah santan (seperti kuah lodeh, tapi beda rasa ya), dan terakhir ditaburi brambang goreng. Biasanya disajikan di piring yang dalemnya dialasi daun pisang. Di tiap penjual lentog bakal ditemuin makanan pelengkap seperti sate telur puyuh bumbu semur, sate usus, kerupuk udang, dan bakwan sayur... ato di Jakarta biasa disebut bala-bala. Minumnya disediain teh botol dan aqua gelas.

Di desa Tanjung Karang bisa ditemuin berderet-deret penjual lentog, suasananya khas pedesaan. Tapi jalanannya lebar dan diaspal, jadi ga perlu kuatir susah parkir... jangan bayangin kaya dusun terbelakang gitu ya hehehe.

Karna yang jual banyak, uda pasti ga smuanya enak. Gw paling suka ke warungnya Pak Mitro, ini langganan gw nih. Lentognya enak dan ga hambar... rasanya juga ga manis, mala rada asin gitu, enak deh. Dulu pernah dia ga buka, gw coba ke warung sebelahnya. Halaahhh rasanya manis mampus kaya aer gula, ga enak pula (=.=").

Menurut si Mitro, klo weekend dia perlu 15 kg beras /hari untuk bikin lontong, dan 6 kg beras /hari untuk weekdays. Sekilo beras bisa jadi sekitar 30 porsi. Terakhir kali gw makan, harganya Rp. 2.000,- / porsi. Isinya sedikit, klo cowo bisa habis 3-5 porsi nih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Unknown said...

Masih ada gak y ka lentog di bintaro?

Post a Comment