Categories. Powered by Blogger.
RSS

Soto Kudus

Sesuai namanya, uda tau donk pastinya darimana makanan ini berasal... hehehe.. dari kota gw lhoooo!!!!! kota gw!!!!! ~*ga penting*

Disajikan dalam mangkok kecil imoetz, tapi padat.. jadi jangan ketipu ama ukuran mangkoknya. Cewe sih rata-rata makan semangkok uda kenyang, paling banter 2 mangkok. Klo para cowo di keluarga gw, paling banyak ngabisin 2,5 porsi. Harganya murah Rp. 4.000 - 5.000 /porsi... ini daerah gitu loohhhh.. please jangan bandingin ama Jakarta yeeee!

Yang belum pernah makan soto Kudus pasti mikir gini.. masa gw makan soto doank??? Ya kagak lah!... Di tempat jual soto tuh slalu ada macem-macem sate.. misalnya sate kerang, sate jeroan, sate daging ayam, sate usus goreng, kulit goreng. Ditambah lagi masi ada tahu, tempe, perkedel, dkk. Oya gw lupa bilang, soto ini soto ayam ya... bukan soto sapi, karna di Kudus tuh sapi termasuk keramat, jadi ga ada deh klo lu nyari soto sapi. Meski di pasar ya tetep ada donk daging sapi dijual.. kita ga keramatin sampe kaya India kok.

Semangkok soto Kudus isinya terdiri dari nasi, kuah (of course!), kecambah/taoge, daging ayam (klo mau bagian tertentu bisa request ke penjualnya), seledri, bawang goreng, brambang goreng. Brambang tuh sebutan bawang merah klo di Jawa Tengah.. klo bawang ya bawang putih. Gw juga baru tau, orang Jakarta tuh ga mudeng klo gw bilang brambang.. taunya bawang merah =.=

Di tiap meja ada disediain kecap manis, sambel ama jeruk nipis. Karna kebanyakan orang Jawa Tengah suka manis, biasanya pada nambahin kecap lagi ke kuahnya, yang aslinya uda coklat muda karna sebenernya uda dikecapin ama penjualnya. Gw sih ga doyan manis, mungkin gw termasuk Jawa Tengah yang aneh, jadi gw mala sering minta tambah garam... hehehe.

Soto Kudus ini kebanyakan dijual di pagi hari ampe siang. Klo uda menjelang malam, tinggal dikit yang jualan. Bahkan ada yang khusus jualan pagi doank mule jem 06:00, palingan sampe jem 10:00 uda habis dagangannya. Gw sih selalu kangen ama ni soto, mungkin karna dari kecil idup di Kudus. Dan meskipun skarang tempat gw tinggal, Jakarta, ada banyak yang jual soto Kudus, termasuk soto blok M yang rame itu, gw bilang tetep lebi enak soto asli dari Kudus.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment